✔ Teladan Lembar Balasan Ujian Nasional 2013






LJK (Lembar Jawaban Komputer) untuk UN 2013 atau yang lebih dikenal dengan akronim LJUN (Lembar Jawaban Ujian Nasional) sekarang mengalami desain yang sangat berbeda dengan UN tahun-tahun sebelumnya dalam hal pengisian isyarat paket soal UN.

Untuk UN 2013, LJUN dilengkapi dengan barcode berupa barcode biasa atau bahkan barcode berbentuk QR Code (Quick Response Code) yang berisi kotak dengan motif hitam putih ibarat sanggup dilihat pada gambar LJUN di atas. Barcode atau QR Code yang terdapat di LJUN akan sama persis dengan kodebar yang tertera pada paket soal yang diterima oleh penerima UN, mengingat LJUN dan soal pada UN 2013 ini menjadi satu. Sehingga, ini menegaskan bahwa isyarat paket pada soal UN 2013 tidak ibarat tahun-tahun yang lalu.

Jika pada tahun lalu, pengisian isyarat paket soal masih secara manual yaitu memperlihatkan tanda arsiran pada kolom isyarat paket soal di LJK, dimana isyarat soal yang dimasukkan harus sesuai dengan isyarat paket yang diterima oleh siswa. Misal siswa mendapat paket soal A18, maka siswa akan mengarsir A-1-8 pada lembar balasan komputer UN.

Kemdikbud RI dalam menyelenggarakan UN 2013 ini tidak ingin kecolongan dengan praktek kecurangan UN ibarat tukar-menukar soal maupun LJUN ataupun mengganti LJUN untuk memperbaiki balasan siswa. Praktek ibarat itu sudah bukan belakang layar lagi mengingat tuntutan UN yang menciptakan banyak pihak kewalahan menghadapinya. Akhirnya segala daya upaya pun dikerahkan secara maksimal demi menggapai hasil memuaskan dalam pelaksanaan UN.

Upaya Kemdikbud dalam menekan kecurangan ini yakni menelurkan inspirasi untuk memakai LJUN dan soal dengan membubuhkan isyarat soal berupa barcode maupun QR Code. Sehingga Kemdikbud berharap dengan adanya isyarat paket soal yang unik ini akan menekan tingkat kecurangan UN.

Jadi, diperlukan penerima UN hanya fokus pada soalnya sendiri, tanpa harus memikirkan isyarat paket soal lain dalam satu ruangan. Ya! Karena dengan adanya 20 paket soal berbeda di setiap ruang ujian, maka setiap siswa akan mendapat satu soal masing-masing yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Blog menyebarkan dan berguru pun menghimbau untuk mengutamakan kejujuran dalam meraih prestasi dan melakukan UN 2013 kali ini. Insyaallah blog menyebarkan dan berguru akan membantu dan mendampingi perjuangan jujur adik-adik dalam menyongsong kelulusan UN yang penuh berkah.... Amin.....

Belum ada Komentar untuk "✔ Teladan Lembar Balasan Ujian Nasional 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel