✔ Rujukan Pelanggaran Ham Di Lingkungan Sekolah

Sebelum menginjak mengenai Contoh Pelanggaran di sekolah, alangkah baiknya menelusuri dari, Apa itu HAM dan bagaimana pasal-pasalnya, Menurut Pasal 1 Angka 6 No. 39 Tahun 1999 yang dimaksud dengan pelanggaran hak asasi insan setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk pegawapemerintah negara, baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara aturan mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut hak asasi insan seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang dan tidak menerima atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyesalan aturan yang adil dan benar berdasarkan mekanisme aturan yang berlaku.

 yang dimaksud dengan pelanggaran hak asasi insan setiap perbuatan seseorang atau kelompok ✔ Contoh Pelanggaran Ham Di Lingkungan Sekolah

Hampir mampu dilihat dalam lingkungan sekitar kita ihwal pelanggaran hak asasi manusia, baik di Indonesia maupun di negara lain. Pelanggaranbisa dilakukan oleh siapa saja tidak pemerintah maupun masyarakat biasa.

Pelanggaran HAM ada dua kategori, yaitu :

a. Kasus pelanggaran HAM yang bersifat berat, diantaranya :

Pembunuhan masal (genisida), Pembunuhan sewenang-wenang, Penghilangan orang secara paksa,   Penyiksaan,  Perbudakan atau diskriminasi

b. Kasus pelanggaran HAM yang biasa, diantarnya:
Pemukulan, Pencemaran nama baik, Penganiayaan, Menghalangi orang untuk mengekspresikan pendapatnya,

Akan tetapi didalam admin ini mencoba memaparkan ihwal Contoh Pelanggaran HAM di sekolah. Sekolah merupakan lingkungan kedua setelah lingkungan keluarga yang akan membentuk sikap, huruf sikap dan kepribadian seorang anak, selain pengembangan ilmu pengetahuan. lingkungan sekolah hampir sam dengan lingkungan keluarga alasannya yaitu ialah didalam lingkungan keluarga saat mengajarkan kepada anaknya paling tidak deiberi sansi supaya tidak mengulangi kesalahnnya lagi, begitu juga dengan lingkungan sekolah. akan tetapi terkadng sanksi tersebut tidak disadari oleh anak didik yang termasuk penggaran HAM si anak.

akan tetapi pihak sekolah atau pendidik merasa kebingungan saat harus memberi peringatan terhadap siswa yang tidak mampu ditolerir, dan sudah ketelaluan sehingga menimbulkan seorang guru menghukum lebih dari yang ia kira.

Berikut contoh pelanggaran HAM di lingkungan sekolah

  1.     Guru yang memperlihatkan sanksi dan atau sanksi kepada anak didiknya secara fisik (dijewer, ditendang, dicubit, disetrap di depan kelas ataupun dijemur di lapangan).
  2.     Guru membeda-bedakan siswanya di sekolah (berdasarkan kepintaran, kekayaan, atau perilakunya).
  3.     Siswa menghina/ mengejek, mencemooh siswa yang lain.
  4.     Siswa memalak, mengompas atau menganiaya temannya
  5.     Siswa tawuran antar pelajar baik dengan teman-teman satu sekolah atau dengan siswa lain sekolah.
Demikian pola pelanggaran HAM di lingkungan sekolah yang mampu admin sajikan, biar bermanfaat dan di negarat tercinta kita indonesia raya tidak lagi terjadi kasus-kasus pelanggaran HAM alasannya yaitu ialah kita sama, satu darah merah dan satu tulang putih yang bersatu dalam kibaran kemerdekaan. amiin.

Belum ada Komentar untuk "✔ Rujukan Pelanggaran Ham Di Lingkungan Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel